Bangun Sumur Bor Kini Warga Dayeuhluhur Menikmati Air Bersih

Cilacap (koranbangkit) – Dasarnya semua jenis kehidupan sangat tergantung pada air untuk tetap hidup dan berkembang. Tiga per empat bumi adalah air, sama seperti manusia yang 55% – 78% tubuhnya terdiri dari air. Pentingnya air bagi kehidupan, manusia hanya bisa bertahan paling lama lima hari tanpa air. Dalam skala yang lebih luas, air bersih dan sehat sangat penting bagi perkembangan sosial dan ekonomi. Karena kehidupan manusia sangat bergantung pada air, maka kualitas hidup manusia juga sangat tergantung dari kualitas air yang dikonsumsi.

Air yang baik dan sehat membuat ekosistem sehat dan tetap terjaga. Sebaliknya, kualitas air yang buruk berdampak pada menurunnya kualitas lingkungan. Pada banyak kasus, buruknya kualitas air menyebabkan penyakit pada manusia, kerugian, dan kematian. Diare, penyakit yang paling umum ditularkan melalui air berkaitan hal tersebut pemerintah daerah Kabupaten Cilacap melalui Dinas PSDA telah membangun Sumur bor yang berlokasi di RT. 02 RW. 12 Desa Dayeuhluhur Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah yang telah dilaksanakan oleh penyedia jasa CV Budi Santosa.

Kepada awak media RSI, Jumat (28/11/2019), Gatot selaku penyedia jasa yang mengerjakan proyek sumur bor tersebut mengatakan bahwa menyikapi informasi dari sebagian masyarakat yang mengatakan bahwa sumur bor terebut tidak dapat dipakai karena  takut dan kawatir air tersebut tidak steril akibat adanya benda yang jatuh ke sumur saat pengeboran yang berupa mesin pembuang dan sejumlah kabel.

Gatot menjelaskan, hal tersebut adalah salah paham karena menurutnya bahwa mesin pembuang dan kabel yang jatuh ke dalam sumur adalah sama dengan mesin dan kabel yang dipasang yang memang special untuk menyelam di dalam air jadi tidak membahayakan.

Lebih lanjut Gatot mengatakan, pihaknya telah mengerjakan sumur bor tersebut dengan baik dan sesuai dengan SOP tentang pembangunan sumur bor dan perjanjian yang telah di tanda tangani dengan Dinas  bahkan secara teknis pun jawaban tertulis sudah saya sampaikan serta air dari sumur bor juga pertama sudah dites di laboratorium.

“Sekarang pun mau saya ambil lagi dan akan  kami tes kembali di laboratorium jadi masyarakat jangan kawatir,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala UPT PSDA Majenang, Ghozali, ST yang mengatakan bahwa air tersebut layak konsumsi dan bahkan dirinya juga sudah membuktikan dengan minum sendiri air sumur bor tersebut langsung dari kran dan rasanya enak.

Ghozali juga mengatakan bahwa kalau ada apa-apa terkait sumur bor selama masih dalam masa pemeliharaan sampai dengan 6 bulan masih menjadi tanggungjawab CV. Budi Santosa.

“Sejumlah orang dan masyarakat sekitar, tokoh ormas Gebrak Dayeuhluhur, perangkat Desa Dayeuhluhur dan sejumlah kontraktor yang hadir meminum air sumur bor tersebut dan mengatakan enak seperti Aqua,” katanya kepada para awak media yang tergabung di Insan Pers Jawa Tengah (IPJT) Kabupaten Cilacap ikut hadir dalam acara tersebut.

Sutanto perangkat Desa dari Kasie Kesra Desa Dayeuhluhur selaku perangkat desa yang mengurusi tentang hal tersebut mengatakan, menyikapi tentang adanya isu sebagian masyarakat yang khawatir dengan air sumur bor ini. Dia mengatakan, itu dianggap wajar namun dengan adanya pembuktian ini maka hal tersebut telah terjawab.

Lebih lanjut Sutanto mengatakan, sebelumnya juga masyarakat sudah banyak yang mengambil air di sini untuk kebutuhan minum dan lain sebagainya bahkan dari pihak pemerintah desa akan segera membuat struktur kepengurusan tentang air bersih ini agar secepatnya dapat disalurkan ke masyarakat.

Tokoh pemuda dan juga dari Ormas Gebrak Kecamatan Dayeuhluhur yang tidak disebutkan jumlahnya mengatakan bahwa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Cilacap dan juga pihak kontraktor yang telah membangun sumur bor tersebut karena sumber air bersih di Kecamatan Dayeuhluhur khususnya sumur bor masih sangat jarang sehingga dengan adanya hal ini sangat membantu warga masyarakat untuk mendapatkan air bersih untuk kehidupan sehari-hari. (Sangidun/Nas/Tim IPJT)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply