Neonbox Beanspot Dan Aladin Syariah Di Gerai Alfamart Kota Bandung Diduga Tidak Memiliki IPR

 

Bandung, KORANBANGKIT.COM

Pemasangan media iklan jenis Neonbox Aladin Syariah dan Bean Spot yang saat ini marak terpasang di hampir setiap gerai Alfamart di Kota Bandung diduga keberadaannya tidak kantongi Ijin Penyelenggaraan Reklame (IPR) sebagaimana ketentuan yang diatur pada Perda 4 Tahun 2012 Pasal 8 (1) dan PERWAL 005 Tahun 2019 Pasal 28 (1) bahwa – Setiap penyelenggaraan reklame harus terlebih dahulu mendapat izin tertulis penyelenggaraan reklame dari Walikota atau Pejabat yang ditunjuk.

Dugaan atas tidak berizinnya keberadaan Neonbox tersebut terkonfirmasi setelah Koranbangkit.com mempertanyakan hal tersebut ke pihak DBMPTSP Kota Bandung dan atas dasar hasil pengecekan data yang dilakukan oleh petugas DPMPTSP ternyata Neonbox Aladin Syariah & Bean Spot izin nya belum terdaftar, dan hal tersebut juga diperkuat dengan keterangan yang diperoleh dari Kasubid reklame Dinas Pelayanan Pelayanan Pajak (Disyanjak) Kota Bandung, Cecep.

“Hingga saat ini (5/11/21) belum ada pembayaran atau setoran pajak atas kedua Neonbox tersebut. Bahkan menurut Cecep, pihaknya saat ini masih menunggu surat pemberitahuan atau rekomendasi dari pihak DPMPTSP sebagai dasar untuk melakukan penagihan pajak, dan pihak DISYANJAK saat ini masih lakukan pemantauan atas keberadaan Neonbox tersebut, jika ternyata betul tidak berijin pihaknya akan mengirim laporan ke pihak Satpol PP untuk penertiban, karena jelas berpotensi merugikan pendapatan keuangan daerah.” jelasnya.

Karena Neonbox Aladin & Bean Spot tersebut terpasang di setiap gerai Alfamart, untuk mendapatkan kejelasan informasi, Koranbangkit.com sudah menghubungi pihak Alfamart, namun saat dikonfirmasi via seluler Iwan dan Sutra dari pihak perwakilan Alfamart tidak berkenan untuk memberikan keterangan.

“Untuk masalah perijinan Neonbox, silahkan pertanyakan ke pihak manajemen atau langsung saja ke pihak Aladin Syariah dan Bean Spot” kata Iwan dan Sutra.

Saat menghubungi pihak Aladin Syariah, Aryo perwakilan Aladin Syariah Pusat Jakarta tidak berkenan untuk dimintai keterangan via telepon, dan meminta untuk mengirimkan konfirmasi via email, namun hingga berita ini ditayangkan Aryo tidak pernah mengiri.kan alamat email yang sebelumnya telah dijanjikan akan dikirim via WA.

Kabid PPHD Satpol PP Kota Bandung, Idris Kuswandi saat dilaporkan hal ini dan sekaligus dimintai tanggapannya, menyatakan bahwa pihaknya telah memerintahkan Kasie Ketertiban Umum untuk menelusuri dan memastikan pelanggarannya.

“Saya sudah perintahkan Kasie Ketertiban Umum untuk lakukan penelusuran dan pastikan pelanggarannya, dan berkoordinasi dengan Tim Teknis IPR Kota Bandung” terang Idris Kuswandi.

Keberadaan Neonbox Aladin Syariah dan Bean Spot yang marak terpampang di setiap gerai Alfamart di Kota Bandung sangat mengundang perhatian dan tanya dari masyarakat, karena selain diduga tidak kantongi IPR, kebetulan reklame Neonbox tersebut terpampang di area gerai Alfamart yang legalitas ijin usaha nya sendiri masih dipertanyakan karena hingga saat ini belum ada pencabutan moratorium atas Ijin Usaha Toko Modern di Kota Bandung.

(Irwan Setiawan)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.