Satreskrim Polresta Bandung Tangkap 3 Pemalsu Dokumen

Soreang, KORANBANGKIT.COM

 

Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Bandung berhasil mengungkap dan mengamankan 3 tersangka kasus tindak pidana pemalsuan dokumen di wilayah Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan,SIK,MM. mengatakan awalnya Satrekrim Polresta Bandung melakukan patroli siber dan menemukan sebuah website yang bernama BERKAH DOKUMEN, dimana disitu menawarkan segala jenis pembuatan dokumen.

“Tersangka ini melakukan penawaran jasa pembuatan dokumen palsu tersebut dengan cara memasang iklan di webnya,” kata Hendra saat menggelar konferensi pers di Mapolresta Bandung. Senin, (14/6/2021).

Guna meyakinkan dalam website tersebut dijelaskan “Kami adalah sebuah layanan jasa pembuatan dokumen resmi dan aspal yang bertujuan untuk membantu kesulitan anda, semua dokumen yang kami terbitkan adalah ASPAL, kami menggunakan blanko asli, keaslian dari blanko kami sama dengan yang resmi karena kami memang benar menggunakan blanko asli bukan editan atau scanan”.

“Jadi yang dibuat oleh para tersangka ini bermacam macam, seperti buku nikah, ijazah, KTP, SIM, BPKB, Kartu Keluarga, dan surat-surat lainnya,” ujarnya.

Tersangka RFH, RMK dan MBI telah melaksanakan aksinya selama 2 tahun dengan penghasilan rata – rata 10 juta hingga 15 juta per bulan.

Berdasarkan informasi dan hasil penyelidikan pada hari Rabu, (9/6/2021) sekitar jam 11.00 ketiga tersangka Tindak Pidana Pemalsuan Dokumen Negara ditangkap Satreskrim Polresta Bandung, tanpa perlawanan.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka di jerat Pasai 264 sub 263 jo 55 jo 56 KUHPidana dengan ancaman 8 tahun penjara.

 

Laporan : Gunawan

Editor. : Benjamin Christian

 

 

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply