Ditlantas Polda Jabar Kerahkan 507 Personil untuk Operasi Lilin Lodaya

Bandung (koranbangkit) – Direktorat Lalu lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat (Jabar) melaksanakan pemeriksaan kendaraan dinas untuk persiapan operasi Lilin Lodaya 2019, yang di langsung dipimpin oleh Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Eddy Junaedi, bertempat di Mapolda Jln Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019).

Pantauan di lapangan, Dirlantas Polda Jabar mengerahkan anggotanya sebanyak 507 personil untuk persiapan pengamanan menyambut Natal dan Tahun Baru 2020. “Pemeriksaan kendaraan dinas baik kendraaan roda dua maupun kendaraan roda empat, dalam rangka persiapan Operasi Lilin Lodaya 2019 serta menyambut Natal dan Tahun Baru 2020 mendatang. Saat dilakukan pengecekan, satu persatu ada salah satu yang masih ditemukan sejumlah alat pendukung pengaturan lalu lintas yang tak layak dan tidak berfungsi,” ujar Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Eddy Junaedi.

Dikatakan Eddy, pihaknya memeriksa kendaraan dinas tersebut dan meminta salah satu mobil, dan pihaknya meminta untuk menyalakan mesin (start). namun, mobil tersebut tidak menyala dan langsung meminta personil tersebut yang bertanggung jawab untuk segera memperbaikinya.

“Ada sebagian juga mesin yang ditutup plastik dan diikat karet gelang dan tidak sesuai dengan penggunaannya, karena itu sangat membahayakan, pihaknya pun langsung menanyakan kepada personilnya terkait temuan tersebut,” katanya.

Eddy menambahkan, alasan dari anggota tersebut, karena tutup yang sebenarnya sudah agak longgar, sementara bagian tersebut harus ditutup di bagian mesin, lampu rotator, serta pihaknya melakukan pengecekan ban. Tak hanya itu, pihaknya pun memegang dibagian ban kendaraan tersebut serta memeriksa oli mesin dan langsung menyentuh oli mesin tersebut.

“Kita semua telah melihat sama-sama dan menyaksikan persiapan perlengkapan perorangan maupun kelengkapan dan kesiapan kendaraan dinas dalam rangka operasi Lilin Lodaya 2019, langkah-langkah ini juga untuk diterapkan di seluruh jajaran polda jabar hingga Jajaran tingkat Polres, Polresta hingga Polrestabes, kita sudah melihat hampir semua bagus, meskipun ada beberapa yang harus diperbaiki,” jelasnya.

Lebih lanjut Eddy mengatakan, bahwa pihaknya ingin meningkatkan keamanan dan memastikan perjalanan arus lalu lintas, maupun pengendara bisa berjalan dengan aman lancar maupun mengurangi tingkat kecelakaan di jalan raya dan di jalan tol maupun yang berliburan menuju tempat pariwisata,” pungkasnya. (Bambang K/Nas)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply